Saturday, July 23, 2016

Mengenal Mercedes Benz, Salah Satu Pabrikan Otomotif Tertua di Dunia dari Jerman





Busengineer - Mercedes adalah perusahaan otomotif asal Jerman yang memproduksi berbagai macam kendaraan seperti mobil, truk, dan bus. Mercedes-Benz adalah salah satu perusahaan mobil paling dikenal di dunia dan juga perusahaan mobil tertua di dunia yang bertahan sampai sekarang. Mobil mereka terkenal berteknologi dan memiliki tingkat keamanan tinggi.

Mercedes-Benz adalah divisi dari Daimler AG. Asal mula Mercedes-Benz berasal dari penemuan Karl Benz atas mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia yang dipatenkan bulan Januari 1886, Benz Patent Motorwagen. serta jasa dari Gottlieb Daimler serta teknisi Wilhelm Maybach. Mobil-mobil Mercedes pertama kali dijual pada tahun 1901 oleh Daimler Motoren Gesellschaft. Mobil pertama yang memakai merek Mercedes-Benz diproduksi tahun 1926 setelah adanya merger antara perusahaan Benz dengan Daimler menjadi perusahaan Daimler-Benz.

Asal perusahaan ini di awal 1880-an, ketika Gottlieb Daimler dan Carl Benz menemukan mobil secara terpisah di selatan Jerman. Daimler dan Wilhelm Maybach menemukan Mesin empat-tak, bekerja sama di Cannstatt (kota di distrik Stuttgart); Benz memiliki tokonya di Mannheim dekat Heidelberg. Tidak ada catatan kedua penemu pernah bertemu.

Pada awal 1900-an, mobil Daimler dibuat di Untertürkheim (juga sebuah kota di distrik Stuttgart) dijual dengan sukses oleh agen Austria yang bernama Emil Jellinek, yang memasok mobil tersebut dengan nama putrinya, Mercédès. Saat ini mercedes-benz sedang merambah marketing mereka melalui media online.

Walaupun Mercedes Benz sudah hadir di negara ini lebih dari 100 tahun, tetapi secara resmi kehadiran Mercedes Benz di Indonesia dimulai pada tahun 1970 dengan berdirinya PT Star Motors Indonesia dan PT German Motor Manufacturing. PT Star Motors Indonesia adalah agen tunggal Daimler-Benz AG untuk Indonesia yang berkantor di Jalan Cik Ditiro, sedangkan PT German Motor Manufacturing adalah pabrikan dan perakit produk Daimler-Benz untuk Indonesia yang didirikan di Jalan Sulawesi No 1, Tanjung Priok, Jakarta. Pada tahun 1971, PT Star Motors Indonesia pindah ke Slipi. Dan, dalam tahun 1978 itu juga didirikan pabrik perakitan di Wanaherang, sekitar 50 kilometer dari Jakarta.

Pada tahun 1993, PT Star Motors Indonesia pindah dari Slipi ke Wanaherang. Tahun 1998, Divisi Penjualan dan Pemasaran pindah ke gedung Deutsche Bank, Jalan Imam Bonjol No 80. Pada bulan Juni 2000, PT Star Motors Indonesia berganti nama menjadi PT DaimlerChrysler Distribution Indonesia, dan PT German Motor Indonesia menjadi PT DaimlerChrysler Indonesia. Kemudian pada bulan Agustus 2000, Daimler Chrysler Indonesia ditunjuk sebagai agen tunggal Chrysler dan Jeep di Indonesia.

Berikut ini produk mercedes benz dari zaman dahulu hingga sekarang:
1.    Pada Zaman Orde Lama
·    Mikrobus Mercedes Benz O 319
·    Big Bus Mercedes Benz O 321 H
·    Mercedes Benz O 302
2.    Pada Zaman Orde Baru
·    Bus Mercedes Benz Lp 911 ( 1970-1977 )
·    Mercedes Benz OF 1113 A (1970 – 1986)
·    Mercedes Benz OF 1113 B
·    Mercedes Benz Of 1113 gen 3
·    OH 1113 Generasi Pertama ( Mecy Doyok)
·    OH1113 Generasi Kedua (Mercy Prima)
·    Mercedes Benz OH 1518 (Mercy King)
·    Mercedes Benz OH 1521 (Mercy Intercooler)
3.    Pada tahun 2000an
Mercedes Benz mengeluarkan generasi baru chasis bis, yang  populer dengan mercy elektrik. Disebut elektrik karena Mercedes Benz sudah melengkapi chasis bis-bis terbarunya dengan dengan Engine Control Unit, adanya engine control unit dan injeksi elektronis membuat mesin ini bisa mencapai tenaga yang lebih besar dari mesin generasi sebelumnya yang menggunakan cc lebih besar , pada generasi ini juga mulai digunakan Mesin Seri OM 906 LA , mercy elektrik di Indonesia mulai masuk tahun 2004, dan berikut daftar chassis yang beredar di pasaran Indonesia hingga saat ini:
     - Mercedes Benz OH 1525 (Mercy Elektrik)
     - Mercedes Benz XBC OH 1518 EIII  (King Cooler)
     - Mercedes Benz XBC OH 1521 EIII (intercoooler)
     - Mercedes Benz OH 1526
     - Mercedes Benz OH 1626
     - Mercedes Benz OH 1836
     - Mercedes Benz OH 2542
     - Mercedes Benz OH2741


Sumber:
intipsejarah.com
id.wikipedia.org
mercedes-benz-publicarchive.com
mercedes-benz.com
awansan.com

Load disqus comments

0 comments