Sunday, July 31, 2016

PO. NPM, Bisnya Orang Minang


Busengineer - Naikilah Perusahaan Minang (NPM) lahir di Padang PanjangMinangkabau, 1937 merupakan perusahaan jasa transportasi angkutan penumpang darat yang berasal dari Sumatera Barat. NPM merupakan salah satu perusahaan otobus (PO) tertua di Sumatera yang masih beroperasi hingga kini setelah melewati berbagai transformasi teknologi.
PO. ini didirikan oleh Bahauddin Sutan Barbangso Nan Kuniang ini berbasis di kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Saat ini PO/perusahaan keluarga tersebut dikelola oleh generasi ketiga, yaitu Angga Vircansa Chairul

Pada awalnya, PO. NPM hanya melayani beberapa trayek Antar Kota Dalam Provinsi Sumatera Barat. Setelah beberapa puluh tahun kemudian berkembang dengan membuka rute ke berbagai kota di pulau Sumatera. Pada tahun 1980-an, PO NPM mulai menjalani trayek ke pulau Jawa. Dari Sumatera Barat, PO NPM memulai pemberangkatan ke berbagai jurusan di pulau Jawa dari beberapa kota, seperti PadangBukittinggiPariaman,Payakumbuh, dan lainnya.

Pada dekade 1980-an hingga awal 2000-an adalah masa kejayaan PO ini, diman jaringan trayek PO NPM membentang mulai dari MedanPekanbaruDumai,JambiBengkuluPalembang, dan Bandar Lampung di pulau Sumatera, hingga JakartaBogorDepokBekasi, dan Bandung di pulau Jawa. PO NPM juga melayani trayek utama di Sumbar, yaitu Padang – Bukit Tinggi.


Menurunnya penumpang yang memilih naik bis jarak jauh karena berbagai faktor, seperti harga tiket pesawat murah, mudahnya mendapatkan mobil pribadi melalui kredit, dan maraknya perusahaan travel yang menggunakan mobil kecil, menyebabkan banyak armada bis besar PO NPM yang menganggur dan menyebabkan kerugian. Untuk keluar dari masalah tersebut, Angga Vircansa Chairul pengelola melakukan pengembangan usaha dengan membuka angkutan pariwisata yang bernama 'Vircansa Tour Bus' yang beroperasi di Sumatera Barat dan sekitarnya

Kantor Pusat:
Jl. A. Yani no. 64 Kantor pusat PT. NPM Ngalau, Padang Panjang, Sumatera barat
Telp : (0752) 82746 Fax : (0752) 82325
Email : sales@vircansa.com
Kantor Marketing:
Raya Bukittinggi – Padang Km. 3 Bangkaweh
Telp : (0752) 7020444

Sumber :
- buslovers.com
- id.wikipedia.org
- busnpm.com
- vircansa.com
Load disqus comments

0 comments