Sunday, July 31, 2016

PO. Antar Lintas Sumatera, Pelopor Angkutan Bis Jarak Jauh

Busengineer - Antar Lintas Sumatera (ALS) adalah perusahaan otobus yang berasal dari Sumatera Utara. PO ini di KotanopanMandailing NatalSumatera Utara29 September 1966Pada saat awal berdiri pada tahun 1966, PO. ALS hanya melayani trayek Medan -Kotanopan lalu kemudian menyusul trayek Medan - Bukit Tinggi. Pada tahun 1972, ALS membuka trayek trayek baru yaitu ke berbagai kota di Sumatera, seperti ke Banda AcehPadangPekanBaruJambiBengkuluPalembang, dan Bandar Lampung.

Sekitar tahun 1970-an, di mana saat itu mobil belum bisa menyeberang ke pulau Jawa karena belum tersedianya kapal feri ro-ro, ALS sudah membuka trayek ke berbagai tujuan di pulau Jawa, namun dengan memakai perantara jasa agen yang mengurus pemberangkatan penumpang dari pelabuhan Merak dengan oper kendaraan lain.

Setelah itu, baru pada tahun 1980-an, ketika mobil sudah bisa menyeberang ke Jawa dengan naik kapal feri ro-ro, ALS juga membuka trayek langsung berbagai kota di pulau jawa, antara lain  ke JakartaBandungSemarangYogyakarta, dan Surabaya. Kemudian menyusul trayek ke kota Malang dan Jember. Namun ALS belum membuka trayek hingga ke pulau Bali.

Armada bis ALS awalnya hanya satu model saja yaitu dari pabrikan Amerika, yaitu General Motor Company (GMC) Chevrolet, yang berbahan bakar premium. Setelah terjadinya kenaikan harga bahan bakar yang tinggi maka peralihan BBM Premium ke Solar, maka ALS juga harus mengkondisikan hal itu untuk menggantikan Chevrolet kepada Mercedes Benz pabrikan dari Jerman yang berbahan bakar solar hingga sekarang. Saat ini PT.ALS telah memiliki lebih dari 400 unit bis yang keseluruhannya menggunkan produk Mercedes Benz dengan menggunakan beberapa Karoseri terkenal di Indonesia, yaitu Adiputro, Laksana dll.

Berikut biodata lengkap PO. ALS
Sumber: 
- id.wikipedia.org
- nationalbuscommunity.org

Load disqus comments

0 comments