Wednesday, July 27, 2016

Sejarah Panjang AKAS Group

Busengineer - AKAS Group adalah perusahaan otobus asli dari Probolinggo,nama AKAS mempunyai kepanjangan yaitu Ali Karman Amat Sekeluarga. Secara resmi PO AKAS didirikan oleh H. Karman Amat di Probolinggo pada tahun 1956, dengan Akta Notaris Sie Kwan Ho No. 111 tanggal 23 Maret tahun 1956 dengan bentuk perseroan komanditer (CV). Kemudian dalam perkembangannya, H Karman Amat memiliki bidang usaha lainnya, yakni hotel, perkebunan, penangkapan ikan, bahkan mengelola pendidikan yakni Universitas Wijaya Putra di Surabaya Jawa Timur.

Pengelolaan armada AKAS Group terbagi menjadi PO AKAS I, PO AKAS II, PO AKAS III, PO AKAS IV, di tahun 1976 sesuai dengan putra-putri serta dengan trayek yang berbeda-beda. PO AKAS I dipimpin Harsono, PO AKAS II dipimpin Tingok, PO AKAS III dipimpin Ali suami dari Ibu Sunarni, dan PO AKAS IV Eddy Hariadi.

AKAS Group memiliki beberapa trayek, sebagian besar melewati kota Probolinggo seperti Jakarta - Banyuwangi, Banyuwangi-Probolinggo, Banyuwangi-Semarang, Banyuwangi-Madura, Surabaya-Denpasar, Malang-Denpasar, dan Probolinggo-Semarang. Sementara PO AKAS IV mengkonsentrasikan armadanya pada jasa bis pariwisata dengan unit Gold Edition dan Chrome Editionnya.
 Gambar Bis AKAS IV Pariwisata

Saat ini ada empat generasi dari AKAS yakni AKAS 1, AKAS 2, AKAS 3, dan AKAS 4.
1.    AKAS 1 dipimpin oleh Harsono dengan warna body abu2 tulisan dan tulisan A K A S dipisah.
Gambar Bis AKAS I

2.    AKAS 2 dipimpin Tingok body warna dasar putih ada garis-garis hitam, merah, kuning yg kemudian terbagi menjadi AKAS AG (AKAS Green - Pariwisata), AKAS ASRI (AKAP), serta AKAS NNR (Nola Nike Roy) yang kini menjadi AKAS N1 (Nike 1 - Pariwisata) dan AKAS NR (Nola Roy - Pariwisata)
Gambar Bis AKAS AG

Gambar Bis AKAS NNR

Gambar Bis AKAS ASRI

3.    AKAS 3 dipimpin Ali suami dari Ibu Sunarni dengan body ungu dengan menggunakan nama Anggun Kridra dan Kurnia Jaya untuk trayek Surabaya - Banyuwangi.
4.    AKAS 4 dengan unit-unit yang up date dengan tulisan AKAS digandeng seperti pada AKAS 2.
Gambar Bis New AKAS IV

Untuk bis Mila trayek Banyuwangi-Jogja dipegang akas N1 dengan armada legendari Predator, Dona Doni, dsb. 
Gambar Bis Mila Sejahtera

Sedangkang untuk Mila trayek yang lain dipegang AKAS 4. Selain menggunakan nama besar AKAS, AKAS Group juga menggunakan nama lain seperti Harapan Kita, Indonesia Abadi, Estu Jaya, dan Yuangga yang dikelola oleh AKAS NR.

Sumber: 
- Andromeda Site
- fastrans22.blogspot.co.id
Load disqus comments

0 comments