Saturday, July 30, 2016

Mengenal Karoseri Tentrem, Karoseri yang Sekaligus Mempunyai PO. Tentem


Busengineer - Berawal dari sebuah Perusahaan Otobus Tentrem  yang berdiri pada tahun 1986 di Malang Jawa Timur, kemudian berkembang menjadi sebuah bengkel yang mulanya khusus untuk perawatan Armada bis PO Tentrem, tetapi pada tahun 1998 Tentrem berkembang menjadi sebuah Karoseri yang tidak lagi khusus melayani pembuatan, reparasi dan perawatan body bis PO Tentrem saja tetapi untuk Umum.

Karoseri Tentrem memang satu daerah dengan karoseri Adiputro, terlepas dari nama besar karoseri Adiputro, karoseri Tentrem bisa membuktikan bahwa mereka memilki kelebihan yang lain. Hal ini terbukti dengan diterimanya sertifikat resmi dari Mercedes-Benz mengenai standarisasi body builder di atas chasis Mercedes Benz dan Karoseri Tentrem adalah Karoseri Pertama yang membangun sebuah Body Bis di atas Chasis SCANIA K380IB.

Produk Karoseri Tentrem hingga saat ini:
1. VENOM
Model ini untuk kelas Medium Bus
2. JUPITER
Jupiter merupakan salah satu produk karoseri tentrem yang sebelumnya sempat meledak penjualannya. Model dari bus Jupiter merupakan model yang hampir semua karoseri juga memiliki, yaitu model Mercedes Benz Travego yang saat ini di tenarkan oleh Adi putro dengan Jetbus nya. Jadi secara keseluruhan model ini hampir sama mungkin hanya beberapa mengalami polesan dan penyesuain proporsi ciri khas karoseri tentrem.
3. Galaxy EXL (2006)
Galaxy juga merupakan produk karoseri tentrem yang mungkin banyak dari PO di Indonesia menggunakan model yang satu ini simple dan cocok untuk bus eksekutif atau pun PATAS.
4. Inspiro
Inspiro dari karoseri Tentrem adalah produk yang simple tapi sedap dipandang meskipun kurang eksis di banding produk karoseri Tentrem lainnya tapi produk yang satu ini bisa menjadi pilihan.
5. Actor
Actor dari karoseri Tentrem ini terbilang unik dilihat dari grill depannya dengan disain yang cukup berani, sangat cocok untuk bus dengan mesin depan karena grill yang dibuat sangat mendukung untuk bus dengan mesin depan.
6. Scorpion King (2010)
Scorpion king merupakan produk big bus untuk kelas eksekutif secara model Scorpion king merupakan sebuah cloningan dari SCANIA TOURING, tetapi Karoseri Tentrem tidak serta merta meniru 100% karena dapet dilihat dari model lampu depan yang sekilas mirip tetapi berbeda dari dimensi. Begitu juga dengan pintu depan ditambahkan kaca untuk mempermudah driver melihat sisi kanan dan kiri
7. MAX
Melihat dari face depan sepertinya model ini cocok untuk kelas Engine di depan karena dari grill depan yang kelihatan berlubang-lubang. Selain model head lamp yang berkesan garang berpadu dengan grill yang menarik serta penempatan fog lamp yang cocok menambah bis ini terkesan lebih elegan dan enak dipandang. Bis Tentrem MAX rear view yang lebih menarik dari Tentrem MAX adalah pada sisi samping model slendang yang boleh dibilang lebih fresh dan terlihat berbeda, dimana selendang dengan menggabungkan 2 part, yaitu komponen dengan beberapa hiasan reflextor orange memberikan kesan lebih sporty. Pada Magneto vizion Karoseri New Armada yang diboleh dibilang anti mainstream. Untuk Engding kaca samping boleh dibilang masih menjadi ciri khas Karoseri Tentrem dengan model menyudut sama halnya dengan Scorpion X yang keduanya mirip dengan VDL Futura meskipun untuk MAX sduah menjadi satu dengan body.
Di sisi bagian belakang Tentrem MAX menggunakan model rear lamp yang sama dengan New Legacy SKY Karoseri Laksana. Tetapi yang membuat menarik dari Tentrem MAX adalah hiasan crome dengan LED berwarna merah memberikan kesan lebih sporty pada buritan bus ini.
8. Scorpion X (2013)
Berbeda dengan Scorpion King yang awal digunakan adalah Scania, tapi kali ini Scorpion X menggunakan dapur pacu Mercedes-Benz dengan seri terbarunya yaitu O500 R 1836. Body ini adalah penyegaran dari body Scorpion sebelumnya, yaitu pada sisi samping tetap tidak menggunakan travego. Kesan yang ditonjolkan dari body ini adalah garang. Front lamp memakai lampu Paradiso. Sedangkan rear lamp masih mengikuti trend rear lamp sekarang yaitu rear lamp Scania Touring.
Sumber: 
- www..tentrembus.com
- Fp Karoseri Tentrem Malang
Load disqus comments

0 comments