Monday, August 1, 2016

Mengupas Jetliner High Deck dan Semi High Deck Rahayu Santosa

Busengineer - Setelah sukses dengan Jetliner di tahun 1990-an, Karoseri Rahayu Santosa mengulang kembali produk berlabel Jetliner yang sudah meluncur pada 2015 lalu yaitu Bus bergenre High Deck.

Jetliner High Deck fokus konsumennya adalah perusahaan otobus yang menggunakan sasis bus premium dengan gross vehicle weight (GVW) 18 ton atau lebih dengan panjang badan bus 13,5 meter atau lebih. Untuk tampilan luar bis memang masih terlihat seperti Skyliner. Selain lampu utama di bagian depan dan belakang, pintu depan kiri dan kanan masih menorehkan aksen yang sama dengan Skyliner. Perbedaan hanya terlihat di perbandingan dinding samping yang kembali ke perbandingan lama seperti Euroliner yang tinggi dindingnya di atas garis deck lebih rendah dari Skyliner. Kondisi ini terjadi karena bagasi Jetliner dibuat tinggi. Kaca samping yang terakhir alias paling belakang sedikit mengadopsi SHD. Lengkung dan menyempit di bagian atas dan sedikit melebar di bagian bawahnya.

Jetliner High Deck PO. Putra Pelangi

Pada Jetliner Semi High Deck ini difokuskan pada konsumen yang menggunakan sasis dengan GVW hanya 15-16 ton dan panjang bus hanya 12 meter. Garis sudut yang tegas pada model-model buatan Karoseri RS mulai berubah. Perubahan sudah terlihat sejak Euroliner, namun baru pada Jetliner semua sudut ditumpulkan dengan sudut membulat. Garis sudut runcing hanya disisakan pada pintu depan yang mengikuti Skyliner. Satu lagi sudut runcing ada di bagian belakang perubahan desain hanya terlihat pada kisi udara keluar untuk sirkulasi udara di ruang mesin. Di bagian belakang Skyliner kisi-kisi utama diwarnai bentuk lengkung, sementara pada Jetliner cenderung runcing. Ada tambahan kisi-kisi udara di bagian atas kisi-kisi udara utama, ada pula aksen kisi-kisi udara di bawah kaca untuk mempermanis tampilan. 

Jika lebih amati lebih jauh, tinggi Skyliner dan Jetliner tak berbeda jauh, hanya selisih 100 milimeter. Skyliner 3.800 mm dan Jetliner 3.900 mm, ditambah asesoris di bagian atas tinggi Jetliner menjadi 4.000 mm alias 4 meter. Ruang bagasi juga menjadi pembeda keduanya. Pada Jetliner terbaru ini ruang bagasi lebih tinggi 20 cm, sehingga daya tampungnya juga lebih lebar.

Kaca depan lebar yang melengkung di bagian atas dengan dua lembar kaca berbeda menjanjikan kelapangan pemandangan bagi penumpang. Pintu-pintu yang ada di bawah garis kaca juga lebih aman bagi kepala penumpang karena tingginya lebih dari 150 cm. Penumpang tak perlu khawatir kepalanya terbentur.


Tercatat beberapa PO seperti Efesiensi, Arimbi, Marita, dan Sinar Jaya sudah memesan desain terbaru dari PT Rahayu Sentosa. Tak kurang 35 unit bus Jetliner Semi High Deck siap meramaikan arus mudik dan arus balik lebaran 2016 kemarin.



Jetliner Semi High Deck PO. Putra Pelangi

Jetliner menjadi bus premium tertinggi yang diproduksi Karoseri Rahayu Santosa, baik untuk bus Pariwisata, Bus Antar Kota Antar Provinsi maupun Bus Antar Pulau. Didedikasikan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang dengan durasi perjalanan yang panjang. Karakter yang menonjol dari Jetliner adalah, pandangan yang luas bagi penumpang dan pengemudi.

Faktor keamanan dan keselamatan juga menjadi bagian penting bagi kami, struktur rangka yang kuat, juga bahan interior yang tidak mudah terbakar dan ramah bagi penumpang adalah bagian yang tak terpisahkan dari komitmen kami dalam hal keamanan dan keselamatan.

Sumber:
- Fp Karoseri Rahayu Santosa
- Rahayusantosa.com
- haltebus.com
Load disqus comments

0 comments