Monday, December 19, 2016

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Bismania Part 2



Busengineer – Pada sesi ini akan dibahas cerobong yang ada diatas bus bagian belakang. Lalu apakah fungsinya? Oke mari kita bahas pelan-pelan. Bentuknya sih seperti cerobong, kubah (dome), atau bundaran yang berputar ketika bus berjalan, seperti gambar dibawah ini.


Fungsinya adalah saluran udara dan kipas exhaust yang berfungsi untuk menghisap udara dari dalam bus khususnya udara dari toilet dan ruang merokok yang baunya tidak enak atau tidak sedap. Perbedannya adalah ada di mekanisme kerjanya.

Model bundaran yang berputar hanya ketika bus berjalan itu tidak dilengkapi motor penggerak kipas, hanya mengandalkan angin diluar. Jadi ya makin kencang laju bus makin kencang juga putaran kipas, begitupun sebaliknya.

Untuk model cerobong atau dome menggunakan kipas dengan motor penggerak, ya seperti kipas angin lah sederhananya, mati atau nyalanya diatur menggunakan saklar. Di beberapa bus model cerobong digunakan sebagai pengganti kisi-kisi air intake di sisi samping bus. Jadi bisa dikatakan kisi-kisi air intake dipindahkan ke atas seperti pada gambar bus warna merah. Air intake berfungsi mengalirkan udara dari luar ke mesin (turbo intercooler). Khusus untuk cerobong air intake ini ya tanpa kipas, hanya saluran panjang dari atap ke mesin dan biasanya menempel pada pilar belakang bus atau pojok.

Sumber:
Instagram @indonesiabuschanel
Load disqus comments

0 comments