Sunday, December 18, 2016

HaL Yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Bismania Part 1





Busengineer – apakah saudara-saudra tahu fungsi dari besi yang melintang pada bagian belakang bus? Pasti banyak orang sudah familiar dengan besi ini tetapi belum tahu apa fungsinya. Ya ayo kita bahas pelan-pelan, besi melintang atau juga sering disebut strut bar oleh kru/mekanik bus tersebut berfungsi melindungi bagian belakang bus khususnya mesin dari bahaya benturan yang akan menimbulkan kerusakan berat atau fatal. Strut bar ini tidak hanya besi melintang di bagian belakang bumper bus saja, tetapi juga terdapat dua besi melintang di kolong bus atau bawah mesin. Untuk pemasangannya sendiri ada strut bar dikaitkan dengan body/chasis bus.

Belum diketahui secara pasti mulai kapan pemasangan strut bar ini marak, tapi menurut beberapa informasi yang kami dapatkan pemasangan strut bar ini dipelopori oleh bus-bus antarpulau. Dimana bagian belakang bus sangat rawan terkena benturan dengan dermaga atau ramp door saat naik atau turun dari kapal ferry Ro-Ro/Landing Craft Tank (LCT).

Sedikit flash back di tahun 80an dimana pada tahun-tahun tersebut fasilitas di pelabuhan penyeberangan belum seperti sekarang. Belum ada dermaga movable bridge yang mampu menyesuaikan dengan ketinggian pasang surut air laut dan masih ada pelabuhan penyeberangan yang hanya mengandalkan dataran rendah/pantai tanpa dermaga untuk naik turun kendaraan seperti di area naik turun kapal LCT pelabuhan penyeberangan Ketapang, Banyuwangi atau Gilimanuk, Bali saat ini. Selain melindungi mesin strut bar ini juga berfungsi melindungi bumper dan juga lampu bus dari dampak tabrak belakang. Oleh karena itu kadang bus bermesin depan juga ikut memasang strut bar ini di bagian belakang.

Sumber:
Instagram @Indonesiabuschanel
Load disqus comments

0 comments