Busengineer
– apakah saudara-saudra tahu fungsi dari besi yang
melintang pada bagian belakang bus? Pasti banyak orang sudah familiar dengan
besi ini tetapi belum tahu apa fungsinya. Ya ayo kita bahas pelan-pelan, besi
melintang atau juga sering disebut strut bar oleh kru/mekanik bus tersebut
berfungsi melindungi bagian belakang bus khususnya mesin dari bahaya benturan
yang akan menimbulkan kerusakan berat atau fatal. Strut bar ini tidak hanya
besi melintang di bagian belakang bumper bus saja, tetapi juga terdapat dua
besi melintang di kolong bus atau bawah mesin. Untuk pemasangannya sendiri ada
strut bar dikaitkan dengan body/chasis bus.
Belum
diketahui secara pasti mulai kapan pemasangan strut bar ini marak, tapi menurut
beberapa informasi yang kami dapatkan pemasangan strut bar ini dipelopori oleh
bus-bus antarpulau. Dimana bagian belakang bus sangat rawan terkena benturan
dengan dermaga atau ramp door saat naik atau turun dari kapal ferry
Ro-Ro/Landing Craft Tank (LCT).
Sedikit
flash back di tahun 80an dimana pada tahun-tahun tersebut fasilitas di
pelabuhan penyeberangan belum seperti sekarang. Belum ada dermaga movable
bridge yang mampu menyesuaikan dengan ketinggian pasang surut air laut dan
masih ada pelabuhan penyeberangan yang hanya mengandalkan dataran rendah/pantai
tanpa dermaga untuk naik turun kendaraan seperti di area naik turun kapal LCT
pelabuhan penyeberangan Ketapang, Banyuwangi atau Gilimanuk, Bali saat ini.
Selain melindungi mesin strut bar ini juga berfungsi melindungi bumper dan juga
lampu bus dari dampak tabrak belakang. Oleh karena itu kadang bus bermesin
depan juga ikut memasang strut bar ini di bagian belakang.
Sumber:
Instagram
@Indonesiabuschanel
0 comments